RSS

Arsip Bulanan: Maret 2011

Dayak Forever


Menurut banyak teori,  Pada tahun 3000-1500 SM Bangsa Cina dari Provinsi Yunnan ( Cina Selatan) melakukan imigrasi besar-besaran ke hampir ke seluruh pelosok ASIA seperti Hainan, Taiwan, Thailand dan Filipina dalam kelompok kecil.

Menurut H.TH. Fisher, migrasi dari asia terjadi pada fase pertama zaman Tretier. Benua Asia dan pulau Kalimantan merupakan bagian nusantara yang masih menyatu, yang memungkinkan ras Mongoloid dari Asia mengembara melalui daratan dan sampai di Kalimantan dengan melintasi pegunungan yang sekarang disebut pegunungan “Muller-Schwaner”. Dari pegungungan itulah berasal sungai-sungai besar yang mengaliri seluruh daratan Kalimantan. Diperkirakan, dalam rentang waktu yang lama, mereka menyebar menelusuri sungai-sungai hingga ke hilir dan kemudian mendiami tepi-tepi sungai tersebut hingga ke pesisir pulau Kalimantan.

Dayak merupakan sebutan bagi penduduk asli pulau Kalimantan. Kelompok Suku Dayak ini terdiri dari 6 suku besar dan 405 sub suku kecil, yang menyebar di seluruh Pulau Kalimantan (J. U. Lontaan, 1975). Dari masing-masing sub suku ini mempunyai adat istiadat dan budaya yang mirip (hampir mirip). Umumnya suku Dayak menyebutkan nama kelompok mereka berdasarkan nama sungai, nama pahlawan, nama alam dan sebagainya. Misalnya suku Iban asal katanya dari kata “ivan” dalam bahasa kayan, ivan adalah pengembara. Demikian juga menurut sumber yang lainnya bahwa mereka menyebut dirinya dengan nama suku Batang Lupar, karena berasal dari sungai Batang Lupar (daerah perbatasan Kalimantan Barat dengan Serawak, Malaysia). Suku Mualang, diambil dari nama seorang tokoh yang disegani di Tampun Juah dan nama tersebut diabadikan menjadi sebuah nama anak sungai Ketungau di daerah Kabupaten Sintang (karena suatu peristiwa) kemudian dijadikan nama suku Dayak Mualang. Dayak Bukit (Kanayatn/Ahe) berasal dari Bukit/gunung Bawang. Demikian juga asal usul Dayak Kayan, Kantuk, Tamambaloh, Kenyah, Benuag, Ngaju dan lain-lain masing-masing mempunyai latar belakang sejarah sendiri-sendiri.

Sedangkan agama yang mereka anut sangat variatif. masyarakat Dayak masih memegang teguh kepercayaan dinamismenya, mereka percaya setiap tempat-tempat tertentu ada penguasanya, yang mereka sebut: Jubata, Petara, Ala Taala, Penompa dan lain-lain, untuk sebutan Tuhan yang tertinggi, kemudian mereka masih mempunyai penguasa lain dibawah kekuasaan Tuhan tertingginya: misalnya: Puyang Gana ( Dayak mualang) adalah penguasa tanah , Simara-mara (Dayak Kanayatn/Ahe) adalah penguasa api dan lain-lain.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 18 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Manusia danum / Manusia Lauk (manusia air/manusia ikan)


Tau ga sih kamu, ternyata manusia ga cuman bisa jalan jauh aza low.. Ternyata manusia juga bisa adu jauh menyelam dan tiap tahun rekor baru untuk menyelam selalu terpecah.

Di bawah ini adalah pemecah rekor dunia yang dapat menyelam ke dalam air tanpa alat bantu sejauh 100m bahkan lebih.

Rekor dunia menyelam tanpa alat bantu pernapasan dipecahkan pertama kali di tahun 2002 di pelabuhan Villefranche-sur-Mer, di Alpes Maritimes, Perancis. Saat itu Nery menyelam hingga kedalaman 87 meter..
Kemudian pada tahun 2004 di Saint Leu, La Reunion, Nery mampu menyelam hingga kedalaman 96 meter. Pada 6 September 2006 dia berhasil mencapai kedalaman 109 meter.
Namun di bulan November 2007 rekornya dikalahkan oleh Herbert Nitsch yang mampu menyelam hingga kedalaman 112 meter. Pada tanggal 3 Juli 2008, Nery berhasil menggeser posisi Herbert Nitsch karena dia mampu menyelam hingga kedalaman 113 meter.
Nah.. dibulan Juli tahun 2010 ini, Nery mampu menyelam hingga 202 meter tanpa menggunakan alat bantu pernapasan. Suatu rekor dunia yang spektakuler yang belum bisa dilakukan oleh orang lain.

[onion01]

Behhh jauh amat ya nyelamnya sampe 200 m.
MMmmmmmm tapi bagi aku sih nyelam sampe ke dasar laut juga aku bisa.
tapi nyelam ga muncul2 lagi
hahahaha
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Danum huang Selang (air dalam selang)


Heii teman-teman…

Tau ga kalian berapa volume air dalam selang hayoo??

selang kan banyak ukurannya, ada yg 0,5 inc, ada yang 0,75 inc, ada yang 1 inc, ada yg 2 inc, dan ada yg 3 inc.

Tentunya setiap selang mempunyai kapasitas air yang berbeda-beda.

Nah,setelah saya dan tim melakukan percobaan, kami mendapatkan data volume air dalam selang (20m).

Percobaan yang kami lakukan sebenarnya hanya menggunakan selang sepanjang 1 meter.

Jadi untuk mengetahui volume air dalam selang yang sepanjang 20 meter kami harus mengkalikan 20 volume air yang ada dalam selang sepanjang 1 meter.

Simpel sih kedengarannya namun untuk melakukan percobaan ini kami harus merelakan baju kami basah.

 

 

Setelah percobaan yang kami lakukan dan sesuai dengan teori penghitungan yang kami buat sendiri.

oh,iya untuk menemukan selang sebesar 2 dan 3 inc cukup susah! Karena selang sebesar itu jarang di jual dan kalau ada pun selang tersebut harus di beli lebih dari 20 m sehingga kami menggunakan perhitungan logika matematika. Yaitu, dengan mengkalikan volume air pada selang 1 inc dengan 2 dan 3.

Berikut ini perkiraan volume air dalam selang sepanjang 20 m.

Selang No. Ukuran Selang Volume air dalam selang (ml) Volume air dalam selang (l)
1 0,5 inc 3600 ml 3,6 liter
2 0,75 inc 4800 ml 4,8 liter
3 1 inc 10000 ml 10 liter
4 2 inc 20000 ml 20 liter
5 3 inc 30000 ml 30 liter
 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Nyedoooot air pake selang dari atas tower (rumah orang)


Waahhhhh… Ada penampakkan seorang anak lelaki tanpa baju dgn perut buncit melakukan sesuatu di atas tower (rumah orang).

Hiiiiiiiii jadi takut ….[onion01]

Ngapain yah tu orang di atas situ…???

OOowwhhh setelah di tanya2 ternyata itu mahkluk ingin mengetes seberapa kuat dia mengisap air menggunakan selang (selang dapatan).

Dan ternyata mahkluk tak berbaju tadi hanya sanggup menghisap air dari atas tower kira-kira tinggi tower tersebut ± 3,8 m dan yang mampu terhisap kira-kira hanya sepanjang 2,4 m (yang pasti lebih tinggi dari kepala saya. Itu aza sampe mau mati tu mahkluk..

ha2

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 17 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Nama Panggilan dan Bahasa Gaul yang sering di Pakai Orang Jepang Kalau Ngobrol


[onion01]

Macam2 panggilan dalam Nihongo

(nama)-sama: pangkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.
(nama)-dono: setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
(nama)-sensei: guru/dokter
(nama)-sempai: senior
(nama)-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
(nama)-chan: untuk anak kecil atau orang yang udah akrab
(nama)-kun: untuk cowo
(nama)-han: normal untuk logat kansai (kalau ga salah)
(nama)-(kosong): untuk memanggil orang yang derajatnya dibawah kita.

Kata ganti orang ;
• watakushi : saya(sangat formal)
• watashi: saya(formal)
• atashi: aku(cewe), kesannya cewe kalem
• boku: aku(cowo)
• ore: gw/aku (gaul)
• bokutachi: kami
• bokura : mereka
• kimi : kamu(biasa)
• anata : kamu (penggunaan yang satu ini harus hati2!)
• omae : kau! (sangat kasar)
• watashitachi = kami
• anatatachi = kalian
• aitsu = dia
• kare = dia cowo
• kanojo = dia cewe
• aitsutachi = mereka

*tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamak
contohnya:
• watashitachi = kami
• anatatachi = kalian

*Pemakaaian kata ganti di atas harus lihat situasi dan kondisi. Perhatikan lawan bicara, berkata tuturlah yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua.

*Biasanya orang Jepang suka berteman dengan lawan bicara yang sopan dan menggunakan bahasa yang baik.

*Perlu diingat pula, jangan pernah menanyakan hal2 yang bersifat pribadi kepada orang Jepang jika kita adalah orang yang baru di kenalnya dan bukan teman dekatnya.

1. Uwaki otoko : cowok yang suka selingkuh

2. Uwaki onna : cewek yang suka selingkuh

3. Choukawaii : manis banget

4. Ikemen : cowok cakep

5. Otokotarashi : play girl

6. Onnatarashi : play boy

7. Hitomebore : cinta pandangan pertama

8. Ai shitemo ii? : bolehkah aku mencintaimu?

9. Boku no soba ni ite kurenai? : maukah kau berada di sisiku?

10. Puropoozu shitemo ii? : bolehkah aku melamarmu?

11. Tada anata o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu (perempuan)

Tada kimi o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu (laki-laki)

12. Anata ni aete, yokatta : aku beruntung bisa bertemu denganmu…

13. Hanaretakunai : aku gak mau putus denganmu

14. Anata ni deatte, yokatta : aku senang bisa mengenalmu (di katakan saat putus dengan pacar)

15. Mou wakareta : udah putus

16. Ganbatte ne! : semangat!

17. Tsumanne : membosankan (perempuan)

Tsumanna : membosanlan (laki-laki)

18. Mendoukusaina : malasnya…

19. Yatta!! : asyik!! / berhasil !!

20. Sugee : hebat

21. Akiramenna!! : jangan putus asa!!

22. Namaiki iun ja nee yo : jangan sombong-sombong

23. Arienai : gak mungkin

24. Nani atta no? : ada apa sih…?

25. Oshiete kure! : kasih tau dong!

26. Majide? : sumpah lo?

27. Sokka : gitu ya…/ oya…

28. Betsu ni : gak ada apa-apa

29. Maa ne : ya gitu deh

30. Atari maeda! : ya iyalah!

31. Yappa : sudah kuduga

32. Shikata nai : apa boleh buat

33. Kawaisou : kasian deh lo

34. Iya / yada : gak mau…

35. Usotsuki : pembohong

36. Urusai yo! : berisik tau! (perempuan)

Uresee yo! : (laki-laki)

37. Jiro-jiro mite nanda yo! : apa lo liat-liat

38. Baka mitai : seperti orang bodoh / dasar oon

39. Baka yaro : dasar goblok

40. Kusso : brengsek / sialan

41. Saiteidayo : kamu gak ada apa-apanya

42. Sukebe : dasar omes (otak mesum)

43. Yabai! : gawat!

44. Kimochi warui : sebel

45. Suman : sorry

46. Iiwake desu : alasan ajah…

47. Muri o ittei masenyo : aku gak maksa kok

48. Makasete kudasai : percaya aku deh

49. Majime desuka? Sore de? : serius? Terus?

50. Kiwari nai : gak ada habisnya

[onion01]

 
8 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Palangka Raya Kota Cantik dan Aman dari Bencana


Tsunami di Jepang?? Wahh.. siapa yg tidak tahu berita besar tersebut.

Namun, kenapa masih banyak korban jiwa yang berjatuhan?? kan Jepang merupakan Negara yg memiliki peralatan yg sangat canggih, bahkan memiliki alat pendeteksi Tsunami . Saking canggihnya para kameramen 1 jam sebelum Tsunami Jepang sudah Stand By untuk meliput dan merekam Tsunami tersebut (makanya gambar2 dan liputan Tsunami di Jepang kren keliatannya).

Sekarang, pertanyaannya , ada kah tempat yang aman dari bencana alam yang sangat berbahaya seperti Tsunami dan Gempa???

Tau kah anda, kota tersebut adalah kota PALANGKA RAYA, ibukota provinsi Kalimantan Tengah di INDONESIA.

Mengapa saya katakan sebagai kota yang aman dari bencana??

jawabannya adalah karena Pulau kalimantan yang merupakan satu-satunya pulau yang bebas dari lempengan gempa di Indonesia dan Palangka Raya adalah kota yang cukup jauh dari bibir pantai sehingga persentase terkena imbas dari bencana seperti Gempa dan Tsunami hanya sebesar 1% .

Kalau pun terkena Tsunami atau Gempa, berarti kekuatan gempa tersebut sudah di atas 10 Skala ritcher dan Tinggi Ombak dari Tsunami terebut mencapai 100 m lebih.

Ini merupakan Bundaran HI nya PALANGKA RAYA ,yaitu Bundaran Besar .

 

Ini merupakan salah satu Jembatan kebanggaan kota Palangka Raya dan di bawahnya adalah Sungai Kahayan.

So, bingung cari tempat yang AMAN untuk tinggal??

Tak usah jauh-jauh ada kota PALANGKA RAYA.

Kota aman dari Bencana Tsunami dan Gempa .

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Mengapa penduduk semakin miskin justru semakin banyak anaknya ?


Nah, menengar pertanyaan di atas. Saya teringat akan Indonesia.

Kenapa di Indonesia semakin miskin penduduknya semakin banyak anaknya?

Khususnya di jawa. Di Jawa, kebanyakan penduduk miskinnya malah memilih memilikianyak anak. Mengapa demikian?

Kalau saya melihat dan membandingkan “budaya” seperti itu di jawa dengan di kalimantan khususnya kalteng zaman kakek saya dulu.

Mereka memilih memiliki banyak anak “berharap” untuk mendapatkan yang namanya perubahan nasib.

Bisa di bilang orang tua zaman dahulu mempertaruhkan masa depannya kepada anak2nya kasarnya mempertaruhkan nasib ereka di ajang perjudian masa depan anak-anaknya.

Makanya, jikalau salah satu anak mereka ada yang lebih “bersinar”, orang tua zaman dahulu cenderung memanjakan anak tersebut daripada anak yang lainnya, karena mereka melihat “peluang menang berjudi lebih besar”.

Yaahh ini lah yang membuat beberapa orang tua kita dulu menjadi minder dengan saudaranya sendiri.

Ini lah kesalahan pemahaman filsafat ” BANYAK ANAK BANYAK REJEKI”

REJEKI ada di tangan TUHAN. Mempunyai banya anak tidak menjamin hidup anda memiliki banak REJEKI.

Sebaiknya milikilah anak secukupnya. Karena sesuatu yang over biasanya tidak baik.

2 anak lebih baik, kata progam KB.

Artinya, dengan tidak memiliki terlalu banyak anak, kitabisa lebih mempersiapkan anak kita menjadi perubah nasib kita.

Jadi,peluang untuk memenangkan “Judi Masa depan” jadi lebih besar dengan tidak memiliki terlalu banyak anak.

OM tante, punya banyak anak itu,susah ngatur n ngrusnya. Bukannya banyak rejeki, ntar malah ngabisin rejeki kalau punya banyak anak.

😛

 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Maret 2011 inci Artikel Blog

 

Cara buat Halaman atau Menu di WordPress


Anda ingin membuat halaman/page/menu di wordpess anda seperti ini.

contoh lainnya

Caranya mudah yaitu.

1.  Buka Dasbor Anda

Lalu di bagian kiri ada menu “Halaman”.

Pilih Halaman Baru.

2.  Isi Judul

3.  Isi  “isi”  Halaman tersebut.

4. Terbitkan

contoh :

Hasilnya.

 
2 Komentar

Ditulis oleh pada 3 Maret 2011 inci Tips Bloging

 

Pajang video dari Youtube di WordPress


Buat teman-teman yang belum tahu Cara Pasang Video Youtube di Worpress caranya sangat gampang…

1. Di Youtube Salin (copy) kode URL video Youtube
(untuk lebih jelas, zoom atau perbesar gambar di bawah ini)

2.Kemudian tempel (paste) kode URL tersebut. Jangan lupa tambahkan tanda ” [ ” dan ” ] ” pada awal dan akhir tempelan URL tadi.
Seperti ini :

(untuk lebih jelas,silahkan  zoom atau  perbesar gambar di atas )

3. Terbitkan

4. Pamerkan

 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Maret 2011 inci Tips Bloging

 

Postingan Bahasa Jepang Sensei


Saya Hanya Mempromosikan materi yang sensei Hanna postingkan di blog beliau.

Sebelum memulai, saya memiliki beberapa pertanyaan pengantar untuk anda semua.

Pernahkah anda menemukan suatu benda di dalam kelas?
Pernahkah anda kehilangan suatu benda di dalam kelas?
Taukah anda bagaimana cara menyatakan dan menanyakan hal tersebut ke dalam bahasa Jepang?Thinking smile

Bila salah satu dari pertanyaan di atas ada di dalam benak anda, maka sekarang saatnya kita berlatih bagaimana pola kalimatnya agar apa yang ada di dalam benak kita dapat kita ungkapkan dengan menggunakan bahasa Jepang.
Untuk menyatakan benda yang ada atau tidak ada pada suatu tempat kita dapat menggunakan.

Untuk menyatakan benda yang adaIn love
きょうしつ の なか に かびん が あります。
Di dalam kelas ada vas bunga.

つくえ の えう に ほん が あります。ふでばこ も あります。
Di atas meja ada buku. Kotak pensil juga ada.

かばん の なか に じしょ と ほん が あります。
Di dalam tas ada buku dan kamus.

Untuk menyatakan benda yang tidak ada.

いす の した に なに も ありません。
Di bawah kursi tidak ada apa-apa.

Untuk menanyakan benda.

Q:つくえ の うえ に なに が ありますか。
Di atas meja ada apa?
A:ほん が あります。
Ada buku.

Q:メタさん の ふでばこ は どこに ありますか。
Kotak pensil milik Meta ada dimana?
A:かばん の なか に あります。
Ada di dalam tas.

Q:これ は だれの かばん ですか。
Ini tas milik siapa?
A:わたし の です。
Milik saya.

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 2 Maret 2011 inci Artikel Blog