RSS

Asal Mula Hadiah Nobel

02 Mar

Sejarah

Lahir dari keinginan penemu besar dinamit, Alfred Nobel (1833-1896). Dilatari penyesalan gara-gara dinamit penemuannya dipakai untuk senjata pemusnah. Menjelang ajal, kekayaannya dipakai untuk sebuah institusi yang bisa memacu terciptanya temuan serta ide gemilang yagn bermanfaat bagi dunia. Lalu didirikanna Nobel Foundation pada tahun 1901 dan diresmikan dengna memberikan penghargaan Nobel pertama kepada 6 orang tokoh.
Tiap tahun, acara pemberian Nobel ini digelar pada tangal 10 December yang bertepatan dengan tanggal wafatnya Alfred Nobel. Acara pemberian Nobel ini digelar di Stockholme Concert Hall, Swedia. Untuk penghargaan dibidang perdamaian, acara pemberian digelar di Oslo City Hall, Norwegia.
Pemilihan peraih Nobel tidak gampang, untuk menentukan siapa yang berhak meraih Nobel melibatkan 3000 orang. Orang-orang tersebut berasal dari Lembaga Pemerintahan, Mahkamah Internasional, para Rektor, para Guru Besar, lembaga-lembaga penelitian, penerima-penerima Nobel sebelumnya, dan anggota dari Nobel Foundation di seluruh dunia. Proses ini memakan waktu setahun.
Paket penghargaan Nobel diantaranya berupa medali emas, diploma, serta uang senilai 1,3 juta USDollar.
mengapa orang Indonesia “jarang” dapat hadiah nobel ?
komentar dari  forum.detik.com
‘ orang Indonesia sebenarnya memiliki potensi”
tapi permaslahan bangsa kita adalah budaya kreatif untuk menciptakan hal baru masih jarang kita temui, klo pendapat saya : ini sebagian besar di sebabkan pola pendidikan formal di Indonesia kurang mengakomodir pikiran2 liar kreatif…
Yoi.. erat bgt kaitannya dgn budaya.. Maap klo boleh bilang, orang Indonesia jarang yg dilatih untuk menghasilkan karya2 yg original.. Pengennya shortcut, niru, nyontek saja yg penting laku. Yg penting urusan perut terpenuhi..
Selama masih mempertahankan mental spt itu, semakin jauh kita ke Nobel.
Jalan keluarnya: Dukung da buatlah event2 untuk setiap karya yg original, ataupun men-daur ulang yg sdh ada dan dikreasikan menjadi sesuatu yg baru.
Jgn hanya meniru/menkopi yg sudah ada.. hidup Indonesia!!!
Nah,  dari komentar di atas kita bisa menyimpulkan, mengapa orang Indonesia “jarang” mendapatkan hadiah nobel karena orang Indonesia masih kurang kreatif dan orang Indonesia memiliki kebiasaan copy paste.
Walaupun sudah pernah MANTAN orang  Indonesia yang meraih hadiah nobel.
Namanya Uskup Belo dan Jose Ramos Horta (sekarang presiden Timor)
waktu itu ga digemborkan soalnya pemerintah saat itu sebel mereka dapat hadiah nobel atas perjuangan mereka MENGECAM PEMERINTAH Indonesia.
So,buat kita sang generasi muda Indonesia. Mari kita berjuag mengharumkan Indonesia  dengan berkreasi lebih lagi tanpa henti dan ingat, jauhkan budaya copy paste.
 
1 Komentar

Ditulis oleh pada 2 Maret 2011 in Artikel Blog

 

One response to “Asal Mula Hadiah Nobel

  1. erviaudina

    3 Maret 2011 at 06:03

    thumbs up🙂

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: