RSS

Nama Panggilan dan Bahasa Gaul yang sering di Pakai Orang Jepang Kalau Ngobrol

15 Mar

[onion01]

Macam2 panggilan dalam Nihongo

(nama)-sama: pangkat paling tinggi. Dipakai untuk orang yang lebih tua/lebih tinggi derajatnya.
(nama)-dono: setingkat dibawah -sama, tapi juga menandakan rasa hormat.
(nama)-sensei: guru/dokter
(nama)-sempai: senior
(nama)-san: untuk normal, biasanya buat yang baru ketemu/belom akrab
(nama)-chan: untuk anak kecil atau orang yang udah akrab
(nama)-kun: untuk cowo
(nama)-han: normal untuk logat kansai (kalau ga salah)
(nama)-(kosong): untuk memanggil orang yang derajatnya dibawah kita.

Kata ganti orang ;
• watakushi : saya(sangat formal)
• watashi: saya(formal)
• atashi: aku(cewe), kesannya cewe kalem
• boku: aku(cowo)
• ore: gw/aku (gaul)
• bokutachi: kami
• bokura : mereka
• kimi : kamu(biasa)
• anata : kamu (penggunaan yang satu ini harus hati2!)
• omae : kau! (sangat kasar)
• watashitachi = kami
• anatatachi = kalian
• aitsu = dia
• kare = dia cowo
• kanojo = dia cewe
• aitsutachi = mereka

*tambahan smua kata subjek (watashi/ore/boku/kimi/anata dll) ditambahin tachi berarti jamak
contohnya:
• watashitachi = kami
• anatatachi = kalian

*Pemakaaian kata ganti di atas harus lihat situasi dan kondisi. Perhatikan lawan bicara, berkata tuturlah yang baik dan sopan kepada orang yang lebih tua.

*Biasanya orang Jepang suka berteman dengan lawan bicara yang sopan dan menggunakan bahasa yang baik.

*Perlu diingat pula, jangan pernah menanyakan hal2 yang bersifat pribadi kepada orang Jepang jika kita adalah orang yang baru di kenalnya dan bukan teman dekatnya.

1. Uwaki otoko : cowok yang suka selingkuh

2. Uwaki onna : cewek yang suka selingkuh

3. Choukawaii : manis banget

4. Ikemen : cowok cakep

5. Otokotarashi : play girl

6. Onnatarashi : play boy

7. Hitomebore : cinta pandangan pertama

8. Ai shitemo ii? : bolehkah aku mencintaimu?

9. Boku no soba ni ite kurenai? : maukah kau berada di sisiku?

10. Puropoozu shitemo ii? : bolehkah aku melamarmu?

11. Tada anata o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu (perempuan)

Tada kimi o aishiteru : aku cuma cinta sama kamu (laki-laki)

12. Anata ni aete, yokatta : aku beruntung bisa bertemu denganmu…

13. Hanaretakunai : aku gak mau putus denganmu

14. Anata ni deatte, yokatta : aku senang bisa mengenalmu (di katakan saat putus dengan pacar)

15. Mou wakareta : udah putus

16. Ganbatte ne! : semangat!

17. Tsumanne : membosankan (perempuan)

Tsumanna : membosanlan (laki-laki)

18. Mendoukusaina : malasnya…

19. Yatta!! : asyik!! / berhasil !!

20. Sugee : hebat

21. Akiramenna!! : jangan putus asa!!

22. Namaiki iun ja nee yo : jangan sombong-sombong

23. Arienai : gak mungkin

24. Nani atta no? : ada apa sih…?

25. Oshiete kure! : kasih tau dong!

26. Majide? : sumpah lo?

27. Sokka : gitu ya…/ oya…

28. Betsu ni : gak ada apa-apa

29. Maa ne : ya gitu deh

30. Atari maeda! : ya iyalah!

31. Yappa : sudah kuduga

32. Shikata nai : apa boleh buat

33. Kawaisou : kasian deh lo

34. Iya / yada : gak mau…

35. Usotsuki : pembohong

36. Urusai yo! : berisik tau! (perempuan)

Uresee yo! : (laki-laki)

37. Jiro-jiro mite nanda yo! : apa lo liat-liat

38. Baka mitai : seperti orang bodoh / dasar oon

39. Baka yaro : dasar goblok

40. Kusso : brengsek / sialan

41. Saiteidayo : kamu gak ada apa-apanya

42. Sukebe : dasar omes (otak mesum)

43. Yabai! : gawat!

44. Kimochi warui : sebel

45. Suman : sorry

46. Iiwake desu : alasan ajah…

47. Muri o ittei masenyo : aku gak maksa kok

48. Makasete kudasai : percaya aku deh

49. Majime desuka? Sore de? : serius? Terus?

50. Kiwari nai : gak ada habisnya

[onion01]

About these ads
 
5 Komentar

Ditulis oleh pada 15 Maret 2011 in Artikel Blog

 

5 responses to “Nama Panggilan dan Bahasa Gaul yang sering di Pakai Orang Jepang Kalau Ngobrol

  1. yuli

    17 Maret 2011 at 03:39

    kalau ni apa ‘leng tai wong”

     
  2. devi vhiiendevndev :)

    10 Desember 2012 at 14:22

    makasih informasinya :)

     
  3. SнellαvirginA_clownY (@virgina_yaushar)

    29 Mei 2013 at 06:03

    gx terdidik nih.. muuuak:(

     
  4. Natalia

    18 Oktober 2013 at 08:19

    Good

     
  5. Dhea annisa perdana siregar

    26 Februari 2014 at 12:25

    Kurang banyak tuh -_-

     

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: